Welcome

Gue bersyukur jika isi Blog ini bisa memberikan manfaat buat kwan2 semua ..

Jumat, 06 April 2012

Peran Teknologi Informasi dan Telekomunikasi bagi Ibu Rumahan


Perkembangan Teknologi Informasi dan Telekomunikasi telah berhasil mengubah tatanan hidup bermasyarakat secara umum terutama dalam hal pemerataan informasi. Sebuah “Keadilan informasi” pun telah berhasil terciptakan, yang kemudian menjadi dasar berkembangnya berbagai potensi manusia. Transfer-transfer informasi yang sampai pada otak bisa membentuk mindset seseorang, menjadi ruhnya dalam berfikir, berencana dan bertindak. Keadaan ideal yang bermuara pada sebuah kesadaran akan terbukanya berbagai kesempatan untuk mengembangkan diri secara maksimal. Dalam hal ini segmen mayoritas yang menemukan momentum kebangkitannya adalah kaum perempuan.
Berbicara tentang teknologi informasi dan telekomunikasi tidak akan lepas dengan apa yang dinamakan internet. Berdasarkan data APJII tahun 2010 pengguna Internet di Indonesia mencapai 45 juta orang. Sedangkan BOSTON mengeluarkan sebuah prediksi yang sangat mencengangkan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia dan empat negara lainnya Brazil, Russia, India, China diperkirakan akan meningkat dua kali lipat pada tahun 2015. Boston Consulting Group memprediksi jumlah pengguna internet di lima negara tersebut akan mencapai 1,2 miliar orang pada 2015. Wow, Sungguh fantastis bukan?
Arti Penting Internet bagi Ibu Rumahan
Guru Privat Yang Stand By 24 Jam Full Time
Di tengah semua sistem dan budaya yang kurang berpihak kepada mereka, sebenarnya tanggung jawab perempuan tidaklah ringan. Fungsi sebagai istri sekaligus ibu merupakan tugas yang sangat berat. Betapa tidak di tangan mereka lah terletak kunci kesuksesan banyak individu, yaitu suami dan anak-anaknya. Di balik figur sukses seorang laki-laki bisa dipastikan ada sosok istri luar biasa di belakangnya. Begitupun dengan figur sukses seorang anak pasti merupakan hasil didikan tangan dingin sang ibu. Maka tidaklah salah kalau ada pepatah yang mengatakan : “Jika kau mendidik seorang laki laki, itu berarti kau mendidik seorang individu, tapi jika kau mendidik seorang wanita, itu berarti kau mendidik seluruh keluarga”.
Pepatah itu mengisyaratkan betapa seorang perempuan haruslah pintar, karena ibu berfungsi sebagai sekolah pertama bagi anak-anaknya, tempat dimana seorang anak bertanya tentang semua hal pertama yang ingin diketahuinya. Tapi bagaimana mau pintar jika waktu yang dimiliki ibu tersita untuk keperluan mengurus rumah tangga lainnya, mana sempat ibu sering-sering keluar pergi seminar, ke sekolah maupun tempat-tempat menimba ilmu agama. Jika pun sempat, maka malah anak yang akan menjadi korbannya karena harus sering ditinggal oleh sang ibu.
Tapi internet bisa memenuhi kebutuhan tersebut, tidak hanya satu guru, satu sekolah atau satu bidang keilmuan saja, tapi kita bisa belajar tentang apapun, kapanpun dan dimanapun kita berada. Tidak perlu duduk manis di bangku, tapi bisa dilakukan sambil menyuapi si bayi, sambil menemaninya bermain atau di sela waktu senggang yang dimiliki. Saat terbersit pertanyaan di otak, saat itu juga bisa belajar, mencari melalui fasilitas internet di laptop maupun telepon genggam yang hampir setiap saat ada di genggaman. Dari internet juga bisa belajar bagaimana menjadi istri yang baik, ibu yang baik dan hamba yang baik.
Sarana Kerja Yang Sangat Jempolan
Di era kemajuan teknologi sekarang ini, apa yang dinamakan pekerjaan tidak selalu identik dengan kerja kantoran berangkat jam 9 pulang jam 5. Namun lebih pada esensi tujuan awalnya yaitu sesuatu yang bisa menghasilkan uang. Dan lagi-lagi internet bisa memfasilitasi semua itu. Bisnis online, blogging, tulis-menulis, bisa menjadi salah satu alternatif pilihan bagi para ibu yang ingin tetap stay di rumah namun juga tetap bisa menghasilkan uang. Sambil mengurus anak, memperhatikan tumbuh kembangnya, mendidik dan menemaninya, juga tetap bisa ngantor, tapi kali ini cukup di rumah. Di sinilah internet berperan penting dalam pekerjaan mereka. Menerima berkas pekerjaan yang dikirimkan melalui email, media jejaring sosial atau via telpon. Lalu saya mengerjakannya di sela-sela waktu senggang. Dan jangan salah penghasilan mereka tidak kalah loh dengan pekerja kantoran. Apapun bentuk pekerjaannya asal dikerjakan dengan total dan maksimal bisa dipastikan akan mendatangkan hasil yang memuaskan.
Dokter Anak dan Dokter Spesialis Pribadi
Kebanyakan anak sering rentan terserang berbagai penyakit, mulai dari sekedar batuk pilek, demam, diare hingga kecelakaan seperti jatuh dari tempat tidur, kecengklak dan lain sebagainya. Tentunya setiap ibu akan bingung dan panik menghadapi kondisi semacam itu, tapi kepada ‘dokter internet’ kita bisa bertanya apa saja yang berkaitan dengan kesehatan, belajar mengenali penyakit dari gejala yang ditimbulkan, mengetahui pertolongan pertama yang harus dilakukan, pencegahan agar tidak berulang, mencari alamat dokter yang kompeten hingga mencari second opinion setelah mendapat vonis penyakit yang diderita dari dokter di klinik.
Buku Resep Paling Oke
Banyak perempuan yang berangkat membangun rumah-tangga tanpa bekal kemampuan memasak sedikitpun. Untuk kesekian kali internet bisa menjadi solusi. Kita bisa belajar memasak segala macam masakan melalui internet, mulai dari sekedar masak nasi goreng, gulai dan rendang khas Indonesia, hingga masakan impor khas Italy, Jepang hingga timur tengah. Tak perlu ribet, cukup dengan ketik keyword dan sekali klik saja, kita bisa langsung menemukan resep yang kita cari. Sangat praktis bukan? Bukan hanya mencari resep, di internet kita juga bisa menemukan kiat-kiat memasak cepat, cara menyimpan makanan yang baik, juga kandungan nutrisi makanan.
Media Sosialisasi, Tempat Curhat, Fashion stylish, Gadget consultant Dan Alat Belanja
Dengan internet, meski di rumah, tetap bisa bergaul dengan teman-teman melalui facebook, twitter dll. Jika ingin mencurahkan isi hati atau mengungkapkan ide, tinggal menulis di blog. Selain itu tetap bisa gaul mengetahui trend fashion mode terbaru, mengetahui trend tehnologi terbaru, mencari tau harga suatu barang dan berbelanja secara online, sehingga meski di rumah, tetap tidak kucel dan ketinggalan jaman.
Begitulah gambaran betapa internet sangat penting bagi seorang ibu rumah tangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar