Welcome

Gue bersyukur jika isi Blog ini bisa memberikan manfaat buat kwan2 semua ..

Rabu, 13 Maret 2013

Etika, Profesi dan ciri khas dari profesi di bidang TI


ETIKA
Etika (ethic) bermakna sekumpulan azas atau nilai yang berkenaan dengan akhlak, tata cara (adat, sopan santun) nilai mengenai benar dan salah tentang hak dan kewajiban yang dianut oleh suatu golongan atau masyarakat. Sedangkan TIK dalam konteks yang lebih luas, merangkumi semua aspek yang berhubungan dengan mesin (komputer dan telekomunikasi) dan teknik yang digunakan untuk menangkap (mengumpul), menyimpan, memanipulasi, menghantar dan menampilkan suatu bentuk informasi. Komputer yang mengendalikan semua bentuk idea dan informasi memainkan peranan yang penting dalam pengumpulan, pemprosesan, penyimpanan dan penyebaran informasi suara, gambar, teks dan angka yang berasaskan mikroelektronik. Teknologi informasi bermakna mengabungkan bidang teknologi seperti pengkomputeran, telekomunikasi dan elektronik dan bidang informasi seperti data, fakta dan proses.
Jadi etika TIK adalah sekumpulan azas atau nilai yang berkenaan dengan ahlak, tata cara(adat, sopan santun) nilai mengenai benar dan saalh, hak dan kewajiban tentang TIK yang dianut oleh suatu golongan atau masyarakat dalam pendidikan.
Etika dalam TI bertujuan untuk pembangunan alat yang dapat diterapkan dalam pengembangan sistem dan penggunaan untuk pertimbangan aspek etika yang signifikan. Penerapan alat etika yang sesuai merupakan prasyarat untuk mempertimbangkan aspek-aspek penting dalam semua tahap pengembangan implementasi sistem komputer, dan penggunaan. Alat etis diperlukan tidak hanya untuk membangun sebuah sistem yang menghindari konflik dengan prinsip-prinsip moral yang signifikan, tetapi terutama untuk membangun sistem sukses yang akan memainkan Peran signifikan dalam memenuhi nilai-nilai yang paling penting dari pengguna dan para pemangku kepentingan.

ETIKA PROFESI
Etika profesi adalah seperangkat standar yang diadopsi oleh komunitas profesional. Etika profesi yang diatur oleh standar, yang sering disebut sebagai kode etik.
Etika profesi merupakan bidang etika khusus atau terapan yang merupakan produk dari etika sosial. Kata hati atau niat biasa juga disebut karsa atau kehendak, kemauan, wil. Dan isi dari karsa inilah yang akan direalisasikan oleh perbuatan.
Dalam hal merealisasikan ini ada (4 empat) variabel yang terjadi :
a.       Tujuan baik, tetapi cara untuk mencapainya yang tidak baik.
b.      Tujuannya yang tidak baik, cara mencapainya ; kelihatannya baik.
c.       Tujuannya tidak baik, dan cara mencapainya juga tidak baik.
d.      Tujuannya baik, dan cara mencapainya juga terlihat baik.

CIRI-CIRI PROFESI
Ada beberapa ciri atau sifat yang selalu melekat pada profesi, yaitu :
1.      Adanya pengetahuan khusus, yang biasanya keahlian dan keterampilan ini dimiliki berkat pendidikan, pelatihan dan pengalaman yang bertahun-tahun.
2.      Adanya kaidah dan standar moral yang sangat tinggi. Hal ini biasanya setiap pelaku profesi mendasarkan kegiatannya pada kode etik profesi.
3.      Mengabdi pada kepentingan masyarakat, artinya setiap pelaksana profesi harusmeletakkan kepentingan pribadi di bawah kepentingan masyarakat.
4.      Ada izin khusus untuk menjalankan suatu profesi. Setiap profesi akan selalu berkaitan dengan kepentingan masyarakat, dimana nilai-nilai kemanusiaan berupa keselamatan,keamanan, kelangsungan hidup dan sebagainya, maka untuk menjalankan suatu profesi harus terlebih dahulu ada izin khusus.
5.      Kaum profesional biasanya menjadi anggota dari suatu profesi. Dengan melihat ciri-ciri umum profesi di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa kaum profesional adalah orang-orang yang memiliki tolak ukur perilaku yang berada di atas rata-rata. Di satu pihak ada tuntutan dan tantangan yang sangat berat, tetapi di lain pihak ada suatu kejelasan mengenai pola perilaku yang baik dalam rangka kepentingan masyarakat. Seandainya semua bidang kehidupan dan bidang kegiatan menerapkan suatu standar profesional yang tinggi, bisa diharapkan akan tercipta suatu kualitas masyarakat yang semakin baik.



Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar