Welcome

Gue bersyukur jika isi Blog ini bisa memberikan manfaat buat kwan2 semua ..

Rabu, 13 Maret 2013

IT Audit Trail, Real time audit, IT forensik


IT Audit Trail
Audit Trail merupakan salah satu fitur dalam suatu program yang mencatat semua kegiatan yang dilakukan tiap user dalam suatu tabel log. secara rinci. Audit Trail secara default akan mencatat waktu , user, data yang diakses dan berbagai jenis kegiatan. Jenis kegiatan bisa berupa menambah, merungubah dan menghapus. Audit Trail apabila diurutkan berdasarkan waktu bisa membentuk suatu kronologis manipulasi data.Dasar ide membuat fitur Audit Trail adalah menyimpan histori tentang suatu data (dibuat, diubah atau dihapus) dan oleh siapa serta bisa menampilkannya secara kronologis. Dengan adanya Audit Trail ini, semua kegiatan dalam program yang bersangkutan diharapkan bisa dicatat dengan baik. 
IT audit merupakan hal yang sangat penting dalam implementasi sebuah sistem informasi bagi organisasi yang mengembangkannya.Terlebih pada saat ini pemanfaatan teknologi/sistem informasi merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah organisasi dalam pencapaian tujuan/visi/misi lembaganya. Namun di sisi lain kepentingan tersebut berimbas pada meningkatnya indeks kerawanan dari pengembangan/pembangunan sistem informasi.

RTA - Real Time Audit
Real Time Audit (RTA) adalah pengelolaan informasi penting pada setiap proses dan memastikan bahwa peristiwa itu direkam, disimpan, ditransmisikan, dianalisa dan dapat diakses secara real time dari lokasi global. RTA adalah kemampuan generik dengan relevansi langsung dan dampak potensial pada efektivitas proses yang paling vertikal dan horisontal dan aplikasi proyek, sehari-hari manajemen bisnis, perusahaan dan administrasi pendapatan pemerintah.
RTA memberikan informasi terkini tentang keadaan semua variabel yang relevan dalam proses. Ini akan digunakan terutama untuk mendukung analisis keputusan untuk pengelolaan setiap proses yang spesifik dan memberikan pengawasan dari semua kegiatan untuk personil yang berwenang. Oleh karena itu memungkinkan akses terbuka dengan para pemangku kepentingan dalam setiap proses informasi penting kepada mereka dalam hal kegiatan usaha, proyek, lokal dan keputusan kebijakan nasional.

IT Forensik
IT Forensik adalah penggunaan sekumpulan prosedur untuk melakukan pengujian secara menyeluruh suatu sistem komputer dengan mempergunakan software atau tools untuk memelihara, mengamankan dan menganalisa barang bukti digital dari suatu tindakan kriminal yang telah diproses secara elektronik dan disimpan di media komputer.



Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar