Welcome

Gue bersyukur jika isi Blog ini bisa memberikan manfaat buat kwan2 semua ..

Sabtu, 09 April 2011

Karangan Persuasi

Karangan Persuasi

Tema : Hemat Energi

Judul : 17.00 – 22.00

Beberapa tahun belakangan ini dan sampai pada saat sekarang ini tegangan listrik yang di nikmati masyarakat Indonesia umumnya dan khususnya masyarakat kab. Sarolangun tidak merasa puas atas pelayanan Perusahaan PLN di kab. Sarolangun. Dikarenakan atas tenaga listrik yang dikeluarkan Perusahaan PLN tidak mencukupi untuk menghidupkan alat-alat rumah tangga. Dan yang amat sangat yang dikeluhkan oleh banyak masyarakat yaitu pada waktu malam hari. Yaitu mulai dari pukul 17.00 WIB sampai pada pukul 22.00 WIB.

Untuk menanggulangi masalah ini, perusahaan PLN mengeluarkan himbauan atau ajakan ke pada seluruh masyarakat untuk tidak menggunakan alat-alat yang menggunakan aliran tenaga listrik agar tidak di hidupkan atau dimatikan mulai dari pukul 17.00 sampai 22.00. dikarenakan pada waktu tersebut seluruh warga memerlukan arus listrik untuk menerangi rumahnya. Dan tujuan lain yang dapat di ambil selain dari penghematan energi juga dapat mengurangi biaya pembayaran rekening listrik yang dulunya mahal sekarang menjadi agak lebih murah. Karena kita telah menggunakan energi listrik dalam rumah tangga.

Dengan terus memperhatikan dan mengikuti himbauan inilah kita seluruh masyarakat kab. Sarolangun dapat menikmati energi listrik secara merata. Mungkin dengan adanya himbauan yang dikeluarkan oleh perusahaan PLN tersebut merupakan jalan keluar yang terbaik untuk menyelesaikan masalah atau keluhan-keluhan masyarakat. Untuk dapat agar himbauan tersebut agar tetap terus berjalan, hendaknya kita menanamkan kesadaran pada diri kita masing-masing bahwa bukan hanya kita yang memerlukan energi listrik tetapi seluruh masyarakat. Dengan adanya kesadaran dalam diri kita masing-masinglah kita dapat menyadari atas kebutuhan orang lain.

Pesan moral yang dapat kita ambil dari karangan di atas adalah hendaknya kita tidak menggunakan alat-alat apa pun yang menggunakan arus listrik sebagai sumber tenaganya pada pukul 17.00 ― 22.00 WIB karena pada pukul tersebut seluruh masyarakat sangat membutuhkan energi listrik untuk menghidupkan lampu atau yang lebih penting dari yang tidak penting. Selain untuk menolong sesama tetapi kita juga dapat mengurangi pembayaran rekening listrik yang terlalu mahal akibat pemakaian yang terlalu boros.

Nama : Hadir Wong

Kelas : XII. IPA2

4 komentar: