Welcome

Gue bersyukur jika isi Blog ini bisa memberikan manfaat buat kwan2 semua ..

Kamis, 17 Desember 2009

STRATEGI KOGNITIF

Strategi kognitif menurut GAGNE adalah kemampuan internal seseorang untuk berfikir, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan. Kemampuan strategi kognitif menyebabkan proses berfikir unik di dalam menganalisa, memecahkan masalah, dan di dalam mengambil keputusan.
Strategi kognitif lahir berdasarkan paradigma konstruktivism, menurut von Glasersfed pengertian konstruksi kognitiv muncul pada abad ini dalam tulisan Mark Baldwin yang secara luas di perdalam dan disebarkan oleh Jean Piaget. Piaget menyimpulkan dari hasil penelitiannya bahwa organisme itu bukan suatu penyebab yang pasif dalam perkembangan genetic. Perubahan genetic bukanlah kejadian kebetulan yang menyebabkan makhluk tetap bertahan hidup oleh seleksi alam, adaptasi biologi dan proses interaksi antara organisme dan lingkunganlah yang menyebabkan makhluk itu hidup.
Menurut Piaget Perkembangan fungsi kognitif terdiri dari 4 faktor, yaitu : lingkungan fisik, kematangan, pengaruh social, dan proses pengaturan diri. Yang disebut ekuilibrasi. Piaget memberikan fungsi intelek dari tiga prespektif, yaitu sebagai berikut :

1. Proses mandasar yang terjadi dalam interaksi dengan lingkungan
( asimilasi,akomodasi, dan equilibrasi ).
2. Cara bagaimana pengetahuan disusun ( pengalaman fisik dan logismatetis )
3. Perbedaan kualitatif dalam berfikir dalam berbagai tahap perkembangan
( skema tindakan dari bayi,berfikir praoperasional,operasi konkrit )

ASIMILASI adalah yang dengannya seseorang mengintegrasikan persepsi, konsep, ataupun pengalaman baru ke dalam skema atau pola yang sudah ada dalam fikirannya.
AKOMODASI sesuatu yang sering terjadi dalam menghadapi rangsangan atau pengalaman baru, seseorang tidak dapat mengasimilasi pengalaman yang baru itu dengan skema yang telah ia punyai. Skema yang baru itu bisa saja tidak cocok dengan skema yang sudah ada. Dalam situasi yang seperti ini biasanya seseorang akan mengadakan akomodasi, yaitu : membentuk skema baru yang dapat cocok dengan rangsangan yang baru, atau dengan memodifikasi skema yang ada sehingga cocok dengan rangsangan itu.
EQUILIBRATION adalah proses keseimbangan antara asimilasi dengan akomodasi dengan melakukan pengaturan diri secara mekanis untuk mengatur keseimbangan proses asimilasi dan akomodasi.

3 komentar: